Jumat, 06 November 2015

Cara Alami mengatasi Diare

source : google


Kalau sudah terserang penyakit satu ini pasti buat lemas. Bagaimana tidak? rasanya seperti cuci perut dan begitu siaga 3 ke toilet. Menurut Wikipedia, Diare adalah penyakit yang menyebabkan tinja menjadi cair. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu virus, bakteri, salah makan atau kondisi badan yang memang sedang tidak sehat. Terkadang kondisi cuaca yang sedang tidak baik juga menjadi faktor terjadinya penyakit tersebut. Pada tahap yang "parah" diare dapat menyebabkan Disentri, Kolera atau Botulisme. Dari nama penyakitnya saja sudah menyeramkan hahaha :D. Untuk mengantisipasi apabila merasakan gejala-gejala diare segera lakukan langkah mudah dibawah ini.

Minum Teh Pahit

source : google

Kalau sedang bocor-bocornya saya disuruh minun teh pahit oleh Mamah. Ternyata teh pahit itu mampu menjaga metabolisme tubuh dan menyembuhkan radang usus. Seperti yang kita ketahui banyak sekali manfaat teh karena mengandung antioksidan yang mempu melawan radikal bebas.

Makan Buah Jambu Biji

source : google

Tak kalah dengan teh pahit ternyata buah jambu biji mampu menjaga kesehatan sistem percernaan menurun media online Merdeka. Kalau misalnya sedang musim buah ini bisa dijadikan alternatif untuk mengobatin kebocoran yang terjadi. Rasanya manis dan lembut, Namun, jangan dimakan dengan biji nya ya. Supaya makan buah nya juga enak.

Konsumsi Bawang Putih

source : google

Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab diare salah satunya adalah bakteri. Bawang putih merupakan bahan alami yang mampu melawan bakteri. Bukan saja mencegah namun memang bawang putih merupakan zat anti bakteri / virus. Bawang putih dapat juga disebut sebagai antibiotik alami. Namun, untuk orang-orang yang mempunyai masalah dengan Lambung musti hati-hati dalam penggunaannya karena apabila berlebihan dapat mengganggu aktivitas lambung. 


Minum Larutan Oralit.

source : google

Salah satu minuman terkenal untuk menyembuhkan diare adalah larutan oralit. Cara membuatnya cukup mudah campurkan garam, gulan dan air pada satu tempat dan larutkan semuanya. Pada saat diare banyak cairan tubuh yang terbuang, fungsi oralit disini adalah menggantikan cairan tubuh yang terbuang tadi sehingga tubuh kita memiliki antibodi yang kuat dan diare akan berhenti dengan sendirinya, Dan larutan ini adalah larutan yang mampu diserap baik oleh usus saat menderita diare.

Nah, itulah bahan-bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk mengobati diare. Selamat mencoba. Semoga kita sehat selalu :)





12 komentar :

  1. ternyata bawang putih bisa juga utk mengatasi diare ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mbak santi bisa, bisa langsung dimakan atau sedikit dibakar dulu (untuk hilangin bau dan rasa pedas bawang). soalnya kata tante saya itu antibiotik alami :D

      Hapus
  2. Aku biasanya pakai teh pait, mba. Pait banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah itu lumayan ampuh siih.. ahahah.. walaupun agak sedikit pait :D

      Hapus
  3. kalau aku biasanya bukan buah jambu biji tapi justru daunnya diuleg. sampai halus terus di bulat-bulatkan gitu..trus ditelan pake pisang.....mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiaaah, daun jambu biji nya juga bisa. cuma aku agak ga tahan sama rasa kesetnya hihii..

      Hapus
  4. wow baru tahu kalo bawang putih itu antibiotik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah mbak saya juga baru tau begitu dapet info dari tante dan googling :D

      Hapus
  5. Dari semua yg saya baca saya gak mau makan bawang putih. Baunya itu lhoooo.
    kala teh pahit, jambu biji, dan oralit masih mending. Tapi kadang klo diarenya parah banget pemberian oralit gak cukup. Butuh obat2 khusus diare yg bisa dibeli di klinik kesehatan/apotik dan juga kurangi makanan pedas dan bersantan. Makasih mbak artikelnya. Sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iyah mba saya juga ga tahan sih baunya :D
      oiaah nice info mbak .. kalau sudah parah lebih baik konsultasi ke dokter :)
      semoga bisa terus menebar manfaat hehehe..

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Header Background Designed by Freepik