Kamis, 22 Oktober 2015

3 Hal yang Kamu Perlukan Untuk Memulai Bisnis




Berbisnis sendiri memang lebih memuaskan, bagaimana tidak? ketika kita hanya perlu mem-manage semua hal sendiri sesuai dengan keinginkan kita seperti waktu dan sumber daya. Bahkan walaupun kita sudah memiliki pekerjaan tetap, berbisnis sebagai pemasukan yang lain juga sangat memungkinkan. Tak perlu cukup umur untuk memulai bisnis karena banyak cerita sukses dari anak-anak yang sudah memulai berbisnis. Sehingga, kalau memang mau dimulai sekarang, tunggu apa lagi. 
Tapi mungkin sebagian dari kita masih ada yang belum tahu harus mempersiapkan apa saja untuk memulai bisnis. Untuk itu, saya akan berbagi hal-hal apa saja yang kamu perlukan untuk memulai bisnis.


1. Modal




Modal itu tidak hanya berupa materi (uang), namun hal non-materi seperti keberanian, kepercayaan diri, tekad dan juga kejujuran perlu kita miliki sebelum mulai berbisnis. Hal tersebut sangat dasar, bahkan bukan hanya dalam memulai bisnis kita memerlukannya. Mengapa kita perlu semua hal itu? keberanian kita perlukan untuk mengambil keputusan, berani bertindak karena tahu ada akibat yang terjadi dari setiap keputusan, seperti memulai bisnis karena takut tidak fokus dengan pekerjaan yang sudah dimiliki, takut tidak laku, takut tidak ada pelanggan dan ketakutan lainnya perlu dihancurkan. Kemudian, Kepercayaan diri - setelah kita punya keberanian tentu akan meningkat untuk memiliki kepercayaan diri. Hal ini diperlukan untuk percaya bahwa ide sekecil apapun nantinya akan bisa berguna, percaya pada orang yang nantinya akan bekerja bersama, percaya bahwa segala sesuatu dimulai dengan perjuangan akan membuahkan hasil. Selanjutnya – tekad, dari awal tentu kita sudah punya target yang dirancang sehingga menghasilkan step – step untuk dilalui untuk memulai bisnis. Dan yang terakhir itu kejujuran, bagaimana bisa memulai bisnis kalau kita tidak jujur, karena berbisnis itu salah satu seni bersama orang-orang, maka dengan jujur - orang akan senang berinteraksi (jual-beli/partner dll).


2. Sumber Daya





Setelah tekad kita bulat dan yakin untuk hal-hal pada poin pertama. Langkah selanjutnya adalah menentukan 5W1H (what, why, who, when, where & how) dengan begitu kita akan mudah analisis bisnis apa yang akan kita jalani. What – bisnis apa yang akan kita jalani, why – mengapa kita harus menjalankan bisnis tersebut, who - siapa konsumen kita ? siapa partner kita?, when – kapan kita akan memulai , waktu apa saja yang bisa kita gunakan untuk berbisnis, where – kemana kita harus mencari bahan atau sumber daya yang kita ingin kan, dan how – bagaimana cara kita melakukan bisnis tersebut. Dengan muncul pertanyaaan tersebut akan ada ide, latar belakang dan juga segala hal yang berkaitan dengan bisnis yang akan kita mulai.


3. Jangan lupa bersyukur dan terus berimprovisasi




Dan yang terakhir adalah bersyukur, ungkapan terima kasih kita pada Tuhan. Terus menunjung tinggi bahwa segala yang kita dapatkan itu karena Tuhan. Sehingga segala jalan yang kita tempuh, haruslah juga sesuai dengan norma-norma yang ada. Selain itu jangan lupa untuk selalu berimprovisasi. Karena, hal yang anti-mainstream selalu menarik perhatian. Namun, jangan terlalu berlebih karena Tuhan tidak suka segala sesuatu yang berlebihan.


"Never give up. Today is hard, tomorrow will be worse, but the day after tomorrow will be sunshine"








6 komentar :

  1. Setuju deh, modal itu emang nggak harus uang. Tapi sayangnya masih banyak orang yang belum menyadari akan hal ini. Padahal modal yang lebih besar dari uang itu adalah potensi diri kita, keberanian kita dan aksi kita. Punya modal "uang" belum tentu bisnis menjadi besar, soalnya tidak bisa mengaturnya karena takut dalam memutuskan segalanya. Heee.

    Salam,
    Virmansyah ID
    www.etalasebisnis.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantapp.. bener banget mas Adi, saya juga sedang menerapkan hal ini untuk mulai bisnis. Semoga menginspirasi ya mas :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Header Background Designed by Freepik